Langsung ke konten utama

Cara Terkini untuk Belanja di Indomaret Menggunakan ATM / Kartu Debit (Mandiri, BRI, BCA dan BNI) 2024

Belanja di Indomaret menggunakan uang non tunai atau kartu debit memang lebih efisian dan praktis. Selain itu penggunaan transaksi non tunai  di outlet-outlet Indomaret seperti ini juga semakin banyak dilakukan.

Dengan banyaknya transaksi kartu debit untuk belanja di Indomaret tersebut maka disini akan dibahas tentang bagaimana mekanisme atau cara pembelanjaan di Indomaret menggunakan Kartu Debit / Kartu ATM baik itu Kartu Debit Mandiri, BRI, BCA ataupun BNI.

Disamping itu Indomaret juga bisa dijadikan alternatif untuk pembayaran online shop seperti, tokopedia, lazada, shopee dan lain-lain. Selain online shop Indomaret bisa dimanfaatkan untuk pembayaran e tiket baik itu dari traveloka, pegi-pegi, dan masih banyak lagi fungsinya.

Selain membahas tentang bagaimana cara belanja di Indomaret menggunakan Kartu Debit, nantinya juga akan dibahas mengenai berapa minimal belanja atau transaksi di Indomaret menggunakan berbagai macam Kartu Debit.

Cara MUDAH Belanja di Indomaret Menggunakan ATM / Kartu Debit (Mandiri, BCA, BRI dan BNI)
Belanja Menggunakan Kartu Debit di Indomaret 》Sumber: makassar.tribunnews.com

Cara Mudah Belanja di Indomaret Menggunakan ATM / Kartu Debit (Mandiri, BRI, BCA dan BNI)

Kemudahan untuk melakukan transaksi di minimarket di Indomaret atau Alfamart ini sebagai bukti kerjasama pihak perbankan dengan gerai-gerai minimarket tersebut.

Bentuk kerjasama ini bertujuan untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi pembelanjaan dengan praktis dan efisien tanpa harus bawa uang tunai.

Baca Juga: Cara Menggunakan e Toll Indomaret
                     Cara Belanja Shopee via Indomaret
                    Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Cara belanja di Indomaret menggunakan ATM atau Kartu Debit tersebut bisa dilakukan karena adanya layanan pembayaran yang bisa dilakukan melalui mesin EDC. Mesin EDC ini memungkinkan konsumen untuk transaksi atau belanja di Indomaret menggunakan kartu debit dari berbagai Bank seperti Bank Mandiri, BRI, BCA dan BTN.

Dan berikut adalah mekanisme untuk belanja di Indomaret menggunakan Kartu ATM atau Kartu Debit.

1. Pastikan Minimarket tersebut terdapat logo Bank tertentu

Dengan adanya logo bank tersebut maka dapat dipastikan bahwa minimarket tersebut melayani transaksi pembayaran bank yang bersangkutan. Biasanya untuk minimarket seperti Indomaret terdapat beberapa logo bank seperti Bank Mandiri, BRI, BCA dan BNI.

2. Pastikan Saldo Minimun Kartu Debit Mencukupi

Kepastian saldo minimun kartu ATM atau Kartu Debit ini untuk meminimalisir kegagalan saat melakukan transaksi dengan belanja di Indomaret. 

Dan berikut rincian saldo minimun Kartu ATM dari berbagai Bank:
- Saldo Minimum Bank Mandiri : Rp 100.000,-
- Saldo Minimum BRI                    : Rp 50.000,-
- Saldo Minimum BCA                   : Rp 50.000,-
- Saldo Minimum BNI                   : Rp 50.000,-

Saldo minimum ini digunakan untuk acuan dari batas pembelajaan yang dapat Anda lakukan. Jadi apabila Anda belanja di Indomaret menggunakan ATM maka pastikan saldo ATM masih diatas saldo minimum setelah melakukan transaksi.

3. Tanyakan ke Petugas Toko / Kasir Perihal Kartu ATM yang akan digunakan

Ketika masuk ke gerai atau toko minimarket tersebut sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah pihak toko juga melayani pembayaran dengan menggunakan Kartu ATM atau Kartu Debit yang Anda gunakan.

4. Belanja di Indomaret Sesuai Kebutuhan

Setelah dipastikan pihak toko melayani pembayaran via Kartu ATM / Kartu Debit maka mulailah belanja sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat untuk total nominal dari pembelanjaan setelah dikurangi saldo ATM masih diatas saldo Minimum.

5. Gesek Kartu ATM di mesin EDC dan Masukkan PIN

Setelah selesai belanja maka bawa ke Kasir toko dan sekalian sodorkan Kartu Debit yang akan digunakan untuk pembayaran. Ketika total belanjaan sudah muncul maka pihak toko akan menggesekkan Kartu Debit atau ATM Anda ke mesin EDC sesuai dengan Bank penerbit kartu.

Selanjutnya akan diperintahkan untuk memasukkan PIN kartu debit di mesin EDC untuk proses transaksi non tunai. Struk transaksi akan keluar dari mesin EDc dan akan diverifikasi oleh pihak toko.


6. Proses Pembayaran Selesai

Proses belanja selesai jika struk pembelajaan dari pihak toko sudah diberikan. Dengan begitu maka saldo yang ada di ATM Anda akan di debet atau berkurang sejumlah nominal pembelanjaan yang dilakukan.


Minimal Belanja Menggunakan Kartu Debit / ATM Bank Mandiri, BRI, BCA dan BNI

Untuk bisa melakukan transaksi di minimarket seperti Indomaret menggunakan Kartu ATM ternyata terdapat nilai minimum pembelanjaan yang harus dilakukan. Nilai minimal belanja di Indomaret menggunakan ATM ini hampir untuk semua Kartu Debit.

Dan berikut adalah penjelasan mengenai minimal belanja menggunakan Kartu ATM atau Debit di Indomaret.


- Minimal Belanja Menggunakan ATM Bank Mandiri

Ketika akan belanja di gerai-gerai toko yang bekerjasama dengan Bank Mandiri seperti Indomaret maka untuk nilai minimal dari setiap sekali pembelanjaan adalah Rp 10.000,-.

Jadi apabila Anda belanja di bawah Rp 10.000,- maka pembayaran menggunakan Kartu Debit tidak akan bisa dilakukan.


- Minimal Belanja dengan Kartu Debit BRI

Untuk minimal transaksi belanja dengan Kartu ATM BRI juga sama yakni Rp 10.000,- setiap melakukan transaksi.


- Minimal Transaksi Pembelanjaan Menggunakan Debit BCA

Transaksi pembelanjaan di Indomaret menggunakan Kartu Debit BCA harus diatas Rp 10.000,-. Minimal belanja Debit BCA ini sama dengan nominal minimal transaksi menggunakan ATM BCA.


- Minimal Belanja Kartu Debit BNI

Masih sama dengan ketiga Bank sebelumnya yakni untuk minimal belanja Debit BNI di Indomaret adalah sebesar Rp 10.000,-. Jadi dengan begitu nomimal untuk minimal belanja menggunakan kartu debit (Bank Mandiri, BRI, BCA dan BNI) adalah sama sebesar RP 10.000,-.

Biaya Transaksi Menggunakan Mesin EDC

Setiap proses transaksi menggunakan Mesin EDC tidak akan dikenakan biaya apapun atau gratis apabila mesin EDC sesuai dengan kartu ATM atau Debit yang dipakai. Hal ini berbeda dengan transaksi menggunakan kartu debit yang berbeda.

Ketika melakukan transaksi menggunakan mesin EDC akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.500,- Apabila menggunakan mesin EDC yang tidak sama dengan Kartu Debit yang dipakai. Jadi apabila Anda tidak ingin kena biaya administrasi tersebut maka gunakan kartu Debit sesuai dengan mesin EDC yang disediakan oleh pihak minimarket.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana cara belanja di Indomaret menggunakan ATM atau Kartu Debit dari berbagai Bank. Selain itu untuk informasi tentang minimali belanja menggunakan kartu debit Bank Mandiri, BRI, BCA dan BNI serta biaya transaksinya dapat membantu pengetahuan Anda tentang transaksi non tunai menggunakan Kartu Debit.

Komentar

  1. kalo saya pake mandiri.. saldo saya 137.000.. bisa gak debit belanja di alfa atau indomaret?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa kq
      Yang penting setelah melakukan transaksi pembelanjaan baik itu di Indomaret atau Alfamart, sisa saldo ATM masih di atas saldo minimum

      Hapus
    2. Bang sya ikut nanya nih. Atm mandiri sya saldonya cuma 140 rb. Tpi sya pingin blnja 100 rb.. Bisa g yah ?

      Hapus
    3. Gak bisa gan, maksimal belanjaan harus diatas saldo minimum

      Hapus
  2. Sisa saldo di atm saya 80 ribu.saya mau belanja 20 ribu apa bisa bayarnya dengan atm saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kalo pakek bri bca bni kan saldominimal 50 jadi 30 nya bisa buat blanja.

      Hapus
  3. Saldo saya 110ribu klau blanja di indomaret cuma 17ribu bisa gk....????

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo buat belanja 20 rb bisa ngga gan.... misalkan saldo kita 110rb

      Hapus
    2. Kalo pakek mandiri gak bisa.. soalnya minim saldo setelah blanja 100 ribu.. kalo pakek bri bni bca bisa

      Hapus
    3. Saldo saya kemarin 78ribu tp bisa saya belanjakan 19 rb di indomaret
      Padahal saya pakai atm mandiri tabmu

      Hapus
  4. Saya pernah beli makanan kucing di farmers market, sekitar 30 ribuan. Pas mau bayar pake debit bri kata kasirnya gak bisa. Minimal harus belanja berapa gitu, lupa saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sya juga nglamin minimal belja 70rbu.klo atm bri

      Hapus
  5. Saya mau tanya..uang yg bisa diblanjakan di atm ada 39 ribu
    (Itu sudah bersih dari limit 50rbu). Sedangkan harga belanja 55 ribu,kira kira bisa gak sisa nya saya bayar kes..
    Di indomart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih salah satu gan, atau struk belanjaan dipisah antara yg debet dengan yg cash

      Hapus
  6. Saldo saya 90000 ribu mengunakan atm bri Britama bisa ga ya di blanjain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama belanjaan masih diatas batas minimum saldo, bisa gan

      Hapus
    2. Belanja di alfamart atau di indomart apa bisa bayar pke kartu apa aja.apa di alfamart atau di indomart bisa bayar pake kartu atm

      Hapus
  7. Saya ada saldo 90 ribu apa bisa blanja di Indomaret kartu nya Bank BRI britama

    BalasHapus
  8. Kalau saldonya 68rb bisa buat transaksi di indomaret ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belanja di alfamart atau di indomart dimana aja apakah bisa bayar p ake kartu bri saldo saya 1jt maksimal belanjanya brpa ya

      Hapus
  9. Kalau pakai kartu debit cimb niaga minimal berapa

    BalasHapus
  10. Tp teman saya saldo 40 rb bisa buat belanja sih

    BalasHapus
  11. Kalau saldo bri 80rb bisa gk buat blnja

    BalasHapus
  12. Saya mau belanja di indomart tetapi saldo di ATM BRI sya tnggal 70, terus barang yang saya inginkan harganya 25 ribu, apa masih bisa menghunakan kartu ATM BRI sya untuk membeli?

    BalasHapus
  13. Min saldo sya di ATM BRI 70 ribu trus saya mau membeli barang harga 25 apa masih bisa min

    BalasHapus
  14. Kalo saldo 25.000 bisa buat belanja di alfa atau indomart nggak ya

    BalasHapus
  15. Saldo saya 46 ribu bisa atau tidak untuk belanja dan harus sisa berapa

    BalasHapus
  16. Kalau belanja pakai atm btpn minimal belanjanya harus berapa

    BalasHapus
  17. Di alfamart atm cimb niaga saja harus minimal belanja 75rb, tapi yg mw di beli cuma senilai 48rb harus beli barang yg gak mau di beli cuma buat nyampe 75rb..

    BalasHapus
  18. Saldo saya bri 51 robu bisa gak dipakai belanja debit di indo atau alfamart?

    BalasHapus
  19. Kemarin saya bayar pake kartu debit kata kasirnya minimal pembelian adalah 20rb... Kalo alfamart memang 10rb

    BalasHapus
  20. kalo saldo 22rb l.kira2 bisa buat belanja di indomarer/alfa ya

    BalasHapus
  21. Saldo saya 35ribu atm BNI, tapi saldo limit saya bisa sampai nol, kira kira bisa saya belanjakan tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan kemarin saya belanja di Indomaret saldo bni saya ada 41 rbu. Sedangkan saya belanja habis 35 rbu. Ttep bisa

      Hapus
    2. Saldo bni saya 58000 apakah saya bs blanja di alfamart?

      Hapus
  22. Saldo saya kurang dari 100.000 ribu... misalnya saya mau belanja 50 ribu trus sisanya saldo saya di atm BRI 90 ribu..
    bisa nggak kalo aku belanja di indomaret atau di alfamidi ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diperjelas dlu gan, itu saldo kurang dri 100 ribu kq dibelanjain 50 ribu masih sisa 90 ribu?

      Hapus
    2. Saya saldo nya 105 belanja di indomaret 38000 pas di gesek ko gak bisa iya itu kenapa bank mandiri

      Hapus
    3. Temen saya pake mandiri saldo 100rb masih bisa di beliin pulsa 50rb min!

      Hapus
  23. Saldo atm bri saya 90rb klo isi pulsa di indomrt / alfamrt bisa nggk ya

    BalasHapus
  24. Saya mempunyai saldo Di Atm BRi sejumlah 48 ribu nah kalau saya belanjakan di indomaret apakah masih bisa?

    BalasHapus
  25. Saya punya saldo di atm mandiri sisanya 50000 bisa ngga nya kalo di belanjaiinbke infomar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, bisa ga ya kalau di belanjakan di indomaret?

      Hapus
  26. Saya punya saldo 70k di ATM BRI bisa dibelnjakan gak ya 20.000

    BalasHapus
  27. Saldo saya masih 80 ribu di ATM BRI. Bisa gak dibelanjakan 26k di Alfa atau indomaret?

    BalasHapus
  28. Saya memiliki saldo dibank mandiri sisa 107rb, tapi saya bikin rekening yang ngendep 100rb, apakah bisa digunakan di alfamart?

    BalasHapus
  29. Saya pakai kartu cimb niaga ada saldo 98rb apakah bisa dipakai belanj di indo atau alfa, dan minimal belanjanya brp,,? Mohon dijawab.

    BalasHapus
  30. Saldo 21 ribuan lagi... Kalau di di beliikan rokok sebungkus di Alfamart bisa gak ya pakai debit BCA 😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga jenis kartu debet BCA yang digunakan

      Hapus
  31. BTN apa bisa dan minimal saldo brp ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama minimarketnya terdapat gambar tarik tunai BNI, maka bisa dilakukan tarik tunai.

      Hapus
  32. Saldo 78rb pkae atm BRI ap msh bs,,nominal brp gan bisa nya dpkae blnja

    BalasHapus
  33. Saldo 78rb pkae atm BRI ap msh bs,,nominal brp gan bisa nya dpkae blnja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga jenis kartu debet BRI yang digunakan

      Hapus
  34. Bang mau tanya juga nih Kartu BRI yang warna hijau bisa di pakai di Indomaret gak kak

    BalasHapus
  35. Saldo masih 52 rb kalu buat blanaja di alfamart masih bisa gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga kartu debet dan jenis yang digunakan

      Hapus
  36. Kalo saldo atm bri 79000 bisa dibelanjain di alfamart ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga jenis kartu debet BRI yang digunakan

      Hapus
  37. Gan saldo BRI sya ada 50.000 bisa g belanja di indomaret

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga jenis kartu debet BRI yang digunakan

      Hapus
    2. Iya bener apa saldo 63ribu BRI Britama bisa di belanjakan, soalnya pas waktu itu pernah belanja di Alfa 49 ribu saldonya kurang

      Hapus
  38. Saldo ATM BRI ada110 ribu apa bisa di belanjaan 50ribu di Indomaret

    BalasHapus
  39. Klo saldo 100 ribu / 95 ribu gitu pakai mandiri bisa ga klo mau buat belanja di indomaret misal 30 ribu kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga jenis kartu debet Bank Mandiri yang digunakan

      Hapus
    2. Kartu debit mandiri warna kuning gan

      Hapus
  40. Saldo saya 25 ribu bni apa bisa di belanjakan di alfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong diinfokan juga jenis kartu debet BNI yang digunakan

      Hapus
  41. Izin nanya gan.
    Saya belanja di Indomaret tempatnya di perumahan bumi Cikande indah..
    Saya belanja 23k dan tarik tunai 300k menggunakan ATM BRI.
    Di histori BRImo saya, tarik tunai 304k.
    Jadi pertanyaan saya, apakah 4k tsb merupakan bea administrasi?.
    Terimakasih jawabanny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget itu adalah biaya administrasinya. Jadi terhitung sejak 01 September 2020 setiap transaksi tarik tunai akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 4.000,-

      Hapus
  42. Di atm mandiri sya ada sisa 53 ribu klo di blanjain sampe 50 rbu bisa ga ya ka..

    BalasHapus
  43. gan kan kartu atm bri saya kan gak di terima di mesin atm bri,trus bisa gak belanja di indomaret,uang saku dah habis gan,cuma punya atm bri yang tidak di terima di mesin atm,karena kartu nya yang ado warna hitam tebal itu terkelupas dikit warna nya

    BalasHapus
  44. Tadi saya sempet belanja rokok clasmild dgn harga 21300 d struk nya.. Tetapi setelah saya ceksaldo d atm kok kena dobel ya.. Tp saya konfirmasi ke toko nya blnja saya cuma 1item doank.. Kira kira kenapa ya kok bisa gtu

    BalasHapus
  45. Apakah atm bri biru berlogo gpn bisa wt belanja dialfamart saldo 86rb

    BalasHapus
  46. Mau tanya saldo saya di atm.bri britama 95rb,apakah 45rb buat belanja bisa?

    BalasHapus
  47. Mau tanya saldo atm bri saya 95rb,apakah yang 45rb buat belanja indomart bisa gak?

    BalasHapus
  48. Min mau tanya untuk mesin edc bri di indomaret rata2 sudah ada semua kan di indomaret?
    Tadi belanja di indomaret bayar pakai kartu ATM bri.. Tapi kurang tah saya min jenis mesin edc apa yang di pakai untuk gesek kartu tadi..

    BalasHapus
  49. Kalo mau tarik tunai puluhan bisa ga ya misalkan 145 rb di Alfa/indo itu bisa ga ya mas? Apa hanya bisa minimal 50 dan 100 ?

    BalasHapus
  50. Saldo atm q 60 rbu, saldo minimum.a 25 rbu, utk atm permata. Apa bisa ya klo utk belanja 30 rbu..?

    BalasHapus
  51. Kalo saya belanja di Indomaret saldonya pas tinggal 100ribu apa masih bisa buat bayar??

    BalasHapus
  52. kalo saldo di ATM MANDIRI saya 50 ribu,apa bisa saya belanja di indimaret sebesar 25 ribu?


    BalasHapus
  53. min saldo BRI SIMPEDES saya sisa 71 ribu apakah bisa di belanjakan di Indomaret??

    BalasHapus
  54. Saldo 65 atm mandiri tabmu apakah bisa di belanjakan di indomaret

    BalasHapus
  55. saldo bank BRi saya 50 ribu pas apakah bisa belanja?

    BalasHapus
  56. Bang, kalo saldo di atm nya 50ribu, bisa nggak belanja di indomaret

    BalasHapus
  57. Klw saldo di mandiri 53.000 apa bisa pake blanja di Alfamidi min?
    Dan harus sisain brapa? 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret TERBARU 2024

Para pengguna game Mobile Legends kini semakin meningkat dan belum terlihat mengalami penurunan. Banyaknya pengguna tersebut ternyata diikuti dengan semakin besarnya permintaan untuk membeli Diamond Mobile Legends. Tidak sedikit pengguna yang hobi bermain game Mobile Legends menghabiskan banyak dana untuk membeli voucher Google Play atau top up menggunakan pulsa. Setidaknya ada banyak cara untuk bisa melakukan top up Diamond ML , salah satunya adalah melalui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Daftar Harga Diamond ML di Indomaret Daftar setiap Diamond ML sangat beragam mulai dari yang termurah sebesar Rp 4.500,- sampai dengan yang termahal berkisar Rp 1.000.000,-. Bagi yang sedang mencari informasi tentang daftar harga Diamond ML terbaru yang ada, maka simak ulasannya di artikel ini. Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret Terbaru 2024 Untuk bisa melakukan pengisian Diamond ML cara yang bisa digunakan adalah dengan top up Diamond di Indomaret terdekat. Pada saat m

Cara Transfer Pulsa dari Malaysia ke Indonesia dengan MUDAH

Transaksi untuk transfer pulsa dari Malaysia ke Indonesia tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan  mudah. Untuk provider atau layanan telekomunikasi yang digunakan bisa memanfaatkan operator seluler yang ada disana seperti maxis ataupun DiGi . Salah satu perusahaan telekomunikasi atau provider yang ada di Malaysia adalah Maxis atau Hotlink. Perusahaan Maxis atau Hotlink ini merupakan operator seluler terbesar di Malaysia. Jadi dengan menngunakan operator tersebut maka proses transfer pulsa dari Malaysia ke Indonesia menjadi semakin mudah dan cepat. Cara Transfer Pulsa dari Malaysia ke Indonesia Menggunakan Provider Maxis atau Hotlink Proses transfer pulsa dari Malaysia menggunakan provider Maxis ke operator seluler yang ada di Indonesia bisa dilakukan dengan mengikuti cara berikut ini. 1. Ketik atau Call *100# Lakukan panggilan dengan tujuan *100# 2. Pilih Menu no 4 (empat) Nantinya akan muncul beberapa menu dan untuk bisa melakukan transfer pulsa pilih menu