Langsung ke konten utama

Tata Cara Mengirim Lamaran lewat Email yang Baik dan Benar | Point Penting Membuat Lamaran via Email

Cara mengirim lamaran lewat email kini memang manjadi sarana tercepat untuk bisa mengirim aplikasi lamaran pekerjaan yang akan kita ajukan. Perubahan proses cara melamar pekerjaan dari menggunakan surat tulis manual telah berubah menjadi pengiriman lamaran via surat elektronik atau biasa kita sebut "email".

Tata cara mengirim lamaran lewat email tidak semuanya mengerti sehingga sampai saat ini masih banyak mencari tentang bagaimana cara mengirim surat lamaran pekerjaan melalui media surat elektronik (email). Dengan mengirim surat lamaran lewat email maka proses pendaftaran lowongan pekerjaan menjadi semakin mudah dilakukan.

Selain itu untuk aksesnya juga sangat mudah dan cepat tanpa harus menaruh surat lamaran ke perusahaannya langsung. Penggunaan fasilitas dengan media surat elektronik ini juga akan mempengaruhi penilaian sebuah perusahaan untuk menguji kompetensi dari para calon pegawainya.

Hal ini tentunya manjadi nilai plus bagi perusahaan apabila terdapat calon pegawainya yang bisa mengoperasikan dan menggunakan fasilitas surat elektronik tersebut.

Tata Cara Mengirim Lamaran lewat Email yang Baik dan Benar | Point Penting Membuat Lamaran via Email

Akan tetapi apabila calon pelamar tidak mengetahui cara yang baik dan benar maka bukan tidak mungkin surat lamaran pekerjaan yang diajukan akan berakhir di tempat sampah tanpa harus melewati seleksi terlebih dahulu.

Untuk itu agar membantu para pencari kerja yang ingin melamar kerja lewat email, disini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar agar potensi untuk diterima di perusahaan yang diinginkan menjadi lebih besar.

Cara Mengirim Lamaran lewat Email yang Baik dan Benar

Ketika akan mengirim surat lamaran pekerjaan menggunakan email, tentunya Anda harus memiliki akun email terlebih dahulu.

Setelah memiliki ekun email maka sebaiknya perhatikan beberapa point berikut ini supaya nantinya pengajuan yang dikirim memenuhi strandar penerimaan surat lamaran yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan.

1. Pastikan Akun Menggunakan Email yang Profesional

Penggunaan nama akun yang profesional ini bisa menggunakan nama dari pelamar. Jadi sebisa mungking untuk menghindari penggunaan akun email yang ala kadarnya. Alasan diharuskan ketika mengirim lamaran email lewat email dengan akun profesional adalah menjadi acuan bahwa pihak pelamar adalah orang yang perfeksionis dan memperhatikan setiap detail apa yang dilakukan.

Alasan itulah yang menjadi dasar mengapa ketika mengirim lamaran pekerjaan lewat email diharuskan menggunakan akun email yang profesional sesuai dengan nama pengirim lamaran. Dan apabila Anda ingin membuat kembali email baru bisa juga melihat bagaimana cara membuat emailnya disini.

2.Gunakan Subject dan Judul Email yang Tepat

Pada saat mengirim lamaran pekerjaan lewat email yang harus diperhatikan berikutnya adalah penggunaan Subject dan Judul email yang harus digunakan. Kolom Subject dan Judul email ini harus diisi dengan baik dan benar agar pihak perusahaan menilai lamaran kerja yang diajukan patut untuk dipertimbangkan.

- Subject Email : Pada bagian subject email harus posisi pekerjaan yang dilamar. Tujuan dengan mengisi subject email lamaran kerja dengan posisi jabaran atau pekerjaan yang di lamar bertujuan untuk mempermudahkan pihak perusahaan untuk menyeleksi setiap lamaran yang masuk sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Tata Cara Mengirim Lamaran lewat Email yang Baik dan Benar | Point Penting Membuat Lamaran via Email
Cara Mengisi Subject Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

- Judul Email : Sedangkan untuk penulisan judul email untuk pengiriman lamaran lewat email bisa diisi dengan surat lamaran kerja. Apabila Anda mengalami kesulitan untuk menulis surat lamaran kerja maka bisa mengadopsi contoh surat lamaran kerja via email disini.

3. Buat Folder Berkas Lamaran dengan Format File .rar

Pengunaan berkas lamaran pekerjaan dengan format file .rar adalah untuk mengecilkan ukuran file atau folder yang berisi semua berkas menjadi lebih ringkas namun bisa digunakan untuk banyak file. Secara umum pembuatan format file .rar adalah berupa pengemasan atau mengarsipkan banyak file menjadi satu file folder (Single File) agar lebih efisien dengan ukuran file yang lebih kecil.

Alasan penggunaan file dengan format .rar atau zip ini mengurangi proses loading saat perusahaan membuka surat lamaran yang Anda ajukan. Selain itu penggunaan format ini untuk mengirim berkas lamaran pekerjaan seperti daftar riwayat hidup (CV), scan Ijasah, KTP, SKCK dan beekas-berkas lainnya adalah bertujuan untuk memenuhi standar pengajuan lamaran pekerjaan yang biasanya dibatasi besaran dari keseluruhan berkas yang dikirim. 

Untuk standart attchment yang paling sering digunakan oleh perusahaan adalah dengan batas pengiriman berkas lamaran kerja dibawah 2 MB. Jadi apabila Anda mengirim lamaran lewat email sebaiknya total semua ukuran file untuk berkas yang dikirim tidak lebih dari 2 MB. Semakin kecil filenya maka akan semakin besar peluang Anda untuk dinilai oleh perusahaan.

Itulah setidaknya tata cara mengirim lamaran kerja via email yang baik dan benar untuk meminimalisir kegagalan saat melakukan pengajuan lamaran kerja ke suatu perusahaan. Semoga dengan mengetahui cara mengirim lamaran lewat email dengan baik dan benar ini dapat membantu Anda agar mendapatkan potensi diapprove atau diterima di posisi jabatan perusahaan yang diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Terkini untuk Belanja di Indomaret Menggunakan ATM / Kartu Debit (Mandiri, BRI, BCA dan BNI) 2024

Belanja di Indomaret menggunakan uang non tunai atau kartu debit memang lebih efisian dan praktis. Selain itu penggunaan transaksi non tunai  di outlet-outlet Indomaret seperti ini juga semakin banyak dilakukan. Dengan banyaknya transaksi kartu debit untuk belanja di Indomaret tersebut maka disini akan dibahas tentang bagaimana mekanisme atau cara pembelanjaan di Indomaret menggunakan Kartu Debit / Kartu ATM baik itu Kartu Debit Mandiri, BRI, BCA ataupun BNI. Disamping itu Indomaret juga bisa dijadikan alternatif untuk pembayaran online shop seperti, tokopedia, lazada, shopee dan lain-lain. Selain online shop Indomaret bisa dimanfaatkan untuk pembayaran e tiket baik itu dari traveloka, pegi-pegi, dan masih banyak lagi fungsinya. Selain membahas tentang bagaimana cara belanja di Indomaret menggunakan Kartu Debit, nantinya juga akan dibahas mengenai berapa minimal belanja atau transaksi di Indomaret menggunakan berbagai macam Kartu Debit. Belanja Menggunakan Kartu Debi...

Berikut Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret TERBARU 2024

Para pengguna game Mobile Legends kini semakin meningkat dan belum terlihat mengalami penurunan. Banyaknya pengguna tersebut ternyata diikuti dengan semakin besarnya permintaan untuk membeli Diamond Mobile Legends. Tidak sedikit pengguna yang hobi bermain game Mobile Legends menghabiskan banyak dana untuk membeli voucher Google Play atau top up menggunakan pulsa. Setidaknya ada banyak cara untuk bisa melakukan top up Diamond ML , salah satunya adalah melalui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Daftar Harga Diamond ML di Indomaret Daftar setiap Diamond ML sangat beragam mulai dari yang termurah sebesar Rp 4.500,- sampai dengan yang termahal berkisar Rp 1.000.000,-. Bagi yang sedang mencari informasi tentang daftar harga Diamond ML terbaru yang ada, maka simak ulasannya di artikel ini. Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret Terbaru 2024 Untuk bisa melakukan pengisian Diamond ML cara yang bisa digunakan adalah dengan top up Diamond di Indomaret terdekat. Pada saat m...

Bagaimana Jika Kartu e-money Indomaret Hilang?

Bagi pengguna e-money Indomaret tentunya memiliki beberapa pertanyaan jika kartu e-money Indomaret hilang? Tidak sedikit yang bertanya-tanya apakah saldo yang ada bisa kembali atau tidak? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa saja menjadikan konsumen bingung atau bahkan beralih ke e-money lainnya. Untuk itu bagi yang penasaran dengan pertanyaan tersebut maka disini akan dijelaskan secara garis besar agar nantinya bisa membantu para pengguna e-money Indomaret. Bagaimana Jika Kartu e-money Hilang? Apa Terjadi Jika Kartu e-money Indomaret Hilang? Dalam ketentuan Bank Indonesia, setidaknya terdapat dua macam kartu e-money yang tersebar di masyarakat. Dan berikut adalah penjelasan rinci mengenai perbedaan dua kartu e-money tersebut: Pertama Kartu e-money Registered Kartu e-money registed merupakan produk uang elektronik yang memuat data-data penggunanya. Kartu e-money registed bisa menampung saldo sebesar Rp 10.000.000,-. Maksimal saldo ini meningkat dari sebelumnya yang hanya bisa diisi maks...