Langsung ke konten utama

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri sesuai Anjuran WHO

Kelangkaan pembersih tangan atau hand sanitizer yang terjadi saat ini telah membuat banyak orang kebingungan. Tidak sedikit yang menanyakan apakah bisa membuat hand sanitizer sendiri?

Pertanyaan tersebut sudah beredar di masyarakat dan jawaban dari pertanyaan itu adalah "BISA". Cairan hand sanitizer memang bisa dibuat sendiri asalkan mengikuti petunjuk dan cara pembuatan yang benar.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri sesuai Anjuran WHO, Cara Membuat Hand Sanitizer alami, Cara Membuat Hand Sanitizer dengan bahan alami, Cara Membuat Hand Sanitizer dengan lidah buaya, Cara Membuat Hand Sanitizer gel, Cara Membuat Hand Sanitizer dari alkohol
Cara Membuat Hand Sanitize sesuai Standar WHO

Cara membuat hand sanitizer yang baik dan benar sudah ada yakni melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Surat edaran yang dikeluarkan oleh BPOM tentang pembuatan hand sanitizer pada 11 Maret 2020 ditujukan kepada seluruh Balai POM yang ada di daerah.

Surat edaran tersebut menjelaskan tentang bahan dan tata cara pembuatan hand sanitizer yang sudah disesuaikan pada pedoman WHO.

Dan untuk rincian pembuatan hand sanitizer yang sesuai dengan anjuran WHO bisa diikuti dengan melihat ulasannya di artike ini.

Bahan dan Cara Membuat Hand Sanitizer sesuai Anjuran WHO

Cairan Hand Sanitizer merupakan antiseptik dalam bentuk cair yang digunakan untuk menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh hidup. Dengan menggunakan cairan hand sanitizer ini maka seseorang akan lebih terlindungi dan terhindar dari kuman, bakteri dan virus yang merugikan tubuh.

Adapun untuk cara pembuatan cairan pembersih tangan tersebut terdiri dari beberapa bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan ada di bawah ini plus persentase dari setiap bahan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri sesuai Anjuran WHO, Cara Membuat Hand Sanitizer alami, Cara Membuat Hand Sanitizer dengan bahan alami, Cara Membuat Hand Sanitizer dengan lidah buaya, Cara Membuat Hand Sanitizer gel, Cara Membuat Hand Sanitizer dari alkohol
Bahan Membuat Hand Sanitizer

Bahan Pembuatan Hand Sanitizer

- Etanol 96 % 
- Gliserol 98 % 
- Hidrogen Peroksida 3 %
- Air Steril atau Aquades

Bahan-bahan tersebut bisa diperoleh di toko-toko kimia disekitar Anda. Dan setelah semua bahan didapat maka langkah selanjutnya adalah mencampur semua bahan dengan dosis sebagai berikut:

 Cara Membuat Hand Sanitizer

1. Etanol 96 % sebanyak 833 ml
-Langkah pertama untuk membuat hand sanitizer adalah dengan memasukkan etanol 96 % sebanyak 833 ml ke dalam gelas ukur 1000 ml

2. Hidrogen Peroksida 3 % sebanyak 41,7 ml 
- Berikutnya masukkan Hidrogen Peroksida tersebut ke dalam gelas ukur yang sudah berisi etanol

3. Gliserol 98 persen sebanyak 14,5 ml
- Masukkan bahan Gliserol ke dalam gelas ukur dan pastikan sisa gliserol tidak tertinggal. Untuk membersihkan sisa bahan gliserol bisa dengan cara membilasnya menggunakan air

4. Air Steril 1000 ml
- Selanjutnya masukkan air steril dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. 

5. Pindahkan ke Botol
- Untuk memudahkan penggunaanya, cairan pembersih tangan ini dipindahkan ke wadah kecil seperti botol

6. Simpan selama 72 jam
- Sebelum digunakan sebaiknya bahan-bahan yang sudah dipindahkan ke botol-botol tersebut disimpan terlebih dahulu selama 72 jam. Tujuan penyimpanan cairan tersebut adalah untuk memastikan sudah tidak ada kontaminasi dari organisme yang ada di wadah botol.

7. Hand sanitizer siap digunakan

Penggunaan pembersih tangan atau hand sanitizer memang dianjurkan untuk mengurangi bahkan membunuh virus. Akan tetapi anjuran ini hanya diperlukan apabila pada saat itu tidak ada air yang mengalir untuk mencuci tangan.

Namun apabila ada sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Karena cara inilah yang paling ampuh untuk membunuh virus. Selain itu untuk cara penggunaannya juga tidak boleh berlebihan. Dengan pemakaian yang berlebihan lama-kelamaan dapat menimbulkan iritasi. Jadi gunakan hand sanitizer ini seperlunya saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Terkini untuk Belanja di Indomaret Menggunakan ATM / Kartu Debit (Mandiri, BRI, BCA dan BNI) 2024

Belanja di Indomaret menggunakan uang non tunai atau kartu debit memang lebih efisian dan praktis. Selain itu penggunaan transaksi non tunai  di outlet-outlet Indomaret seperti ini juga semakin banyak dilakukan. Dengan banyaknya transaksi kartu debit untuk belanja di Indomaret tersebut maka disini akan dibahas tentang bagaimana mekanisme atau cara pembelanjaan di Indomaret menggunakan Kartu Debit / Kartu ATM baik itu Kartu Debit Mandiri, BRI, BCA ataupun BNI. Disamping itu Indomaret juga bisa dijadikan alternatif untuk pembayaran online shop seperti, tokopedia, lazada, shopee dan lain-lain. Selain online shop Indomaret bisa dimanfaatkan untuk pembayaran e tiket baik itu dari traveloka, pegi-pegi, dan masih banyak lagi fungsinya. Selain membahas tentang bagaimana cara belanja di Indomaret menggunakan Kartu Debit, nantinya juga akan dibahas mengenai berapa minimal belanja atau transaksi di Indomaret menggunakan berbagai macam Kartu Debit. Belanja Menggunakan Kartu Debit di

Berikut Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret TERBARU 2024

Para pengguna game Mobile Legends kini semakin meningkat dan belum terlihat mengalami penurunan. Banyaknya pengguna tersebut ternyata diikuti dengan semakin besarnya permintaan untuk membeli Diamond Mobile Legends. Tidak sedikit pengguna yang hobi bermain game Mobile Legends menghabiskan banyak dana untuk membeli voucher Google Play atau top up menggunakan pulsa. Setidaknya ada banyak cara untuk bisa melakukan top up Diamond ML , salah satunya adalah melalui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Daftar Harga Diamond ML di Indomaret Daftar setiap Diamond ML sangat beragam mulai dari yang termurah sebesar Rp 4.500,- sampai dengan yang termahal berkisar Rp 1.000.000,-. Bagi yang sedang mencari informasi tentang daftar harga Diamond ML terbaru yang ada, maka simak ulasannya di artikel ini. Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret Terbaru 2024 Untuk bisa melakukan pengisian Diamond ML cara yang bisa digunakan adalah dengan top up Diamond di Indomaret terdekat. Pada saat m

Cara Transfer Pulsa dari Malaysia ke Indonesia dengan MUDAH

Transaksi untuk transfer pulsa dari Malaysia ke Indonesia tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan  mudah. Untuk provider atau layanan telekomunikasi yang digunakan bisa memanfaatkan operator seluler yang ada disana seperti maxis ataupun DiGi . Salah satu perusahaan telekomunikasi atau provider yang ada di Malaysia adalah Maxis atau Hotlink. Perusahaan Maxis atau Hotlink ini merupakan operator seluler terbesar di Malaysia. Jadi dengan menngunakan operator tersebut maka proses transfer pulsa dari Malaysia ke Indonesia menjadi semakin mudah dan cepat. Cara Transfer Pulsa dari Malaysia ke Indonesia Menggunakan Provider Maxis atau Hotlink Proses transfer pulsa dari Malaysia menggunakan provider Maxis ke operator seluler yang ada di Indonesia bisa dilakukan dengan mengikuti cara berikut ini. 1. Ketik atau Call *100# Lakukan panggilan dengan tujuan *100# 2. Pilih Menu no 4 (empat) Nantinya akan muncul beberapa menu dan untuk bisa melakukan transfer pulsa pilih menu