Langsung ke konten utama

SIMAK Disini 6 Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan PLN Lewat Hp

Besaran biaya tagihan listrik bulanan kini sudah bisa diakses lewat hp loh? caranya sendiri sangat beragam dan mudah diikuti. Beberapa cara cek tagihan listrik bulanan ini bisa dilakukan secara online ataupun offline. 

Setidaknya terdapat 6 cara yang dapat dilakukan ketika ingin mengecek tagihan listrik bulanan lewat Hp. Dengan mengetahui cara untuk cek tagihan bulanan listrik sendiri lewat hp maka kalian bisa mempersiapkan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk membayar tagihan listrik di rumah atau kantor.

SIMAK Disini 6 Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan PLN Lewat Hp
Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan PLN lewat Hp




6 Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan lewat Hp

Ada beberapa cara yang untuk cek tagihan listrik melalui handphone. Setidaknya terdapat 6 (enam) cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tagihan listrik bulanan menggunakan smartphone yang kalian miliki. 

Dan berikut simak 6 cara cek tagihan listrik bulanan lewat Hp yang bisa dilakukan:


1. Cara Cek Tagihan Listrik lewat Telepon (Cara Offline)

Cara cek tagihan listrik pertama bisa dilakukan dengan menghubungi call center PLN melalui customer service. Pada saat menghubungi call center PLN pastikan untuk menanyakan perihal tagihan listrik agar nantinya bisa langsung diproses oleh pihak customer service PLN.

Nomor call center PLN adalah 123

Untuk melakukan panggilan di call center PLN jangan lupa untuk mencantumkan juga kode area wilayah yang kalian tempati. 

Contohnya, untuk area Jakarta berarti kode area telepon ke (021)-123 dan tunggu jawaban dari operator.

Sebagai catatan kalau layanan Call centre PLN ini selalu siap sedia selama 24 jam.


2. Cara Cek Tagihan Listrik lewat SMS (Cara Offline)

Cara yang kedua untuk layanan cek tagihan listrik yang bisa dilakukan adalah lewat SMS. Cara ini dapat dilakukan jika pengguna sudah berlangganan tentang info cek tagihan listrik setiap bulannya.

Fasilitas berlangganan info cek tagihan listrik ini akan dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasukk ppn 10%) per sms-nya.

Format cara cek tagihan listrik bulanan via SMS

Kirim sms dengan format : REK (spasi) No ID Pelanggan

Setelah itu kirim SMS ke 8123.

Contoh : REK 8990987666 kirim ke 8123.

Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Contoh : PLN ON 987326667361 kirim ke 8123.

Adapun cara untuk berhenti berlangganan info cek tagihan bulanan bisa dilakukan dengan cara dibawah ini:

Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Contoh : PLN OFF 987326667361 kirim ke 8123.


3. Cara Cek Tagihan Listrik lewat PLN Mobile

Cara selanjutnya untuk cek tagihan bulanan listrik lewat Hp adalah dengan cara online. Yang pertama untuk cara olinenya lewat aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile ini bisa kalian unduh di Play store ataupun Google play.

Setelah aplikasi terpasang maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

- Pilih menu informasi

- Klik menu informasi tagihan dan token listrik

- Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran

- Klik cari

- Muncul tagihan listrik beserta nominalnya


4. Cara Cek Tagihan Listrik Bagi Pengguna iOS

Selain pengguna Android ternyata pengguna Apple juga bisa mengakses info tagihan listrik bulanan menggunakan PLN Mobile yang sudah tersedia di App Store. 

Cara cek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile for iOS ini sangat mudah seperti dibawah ini:

- Pilih menu informasi

- Klik menu Tagihan dan Token Listrik

- Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran

- Klik cari

- Muncul status tagihan dan nominalnya


5. Cara Cek Tagihan Listrik lewat Website

Cara berikutya untuk cek tagihan listrik bulanan bisa dilakukan melalui website. Website ini disediakan untuk memudahkan pelanggan mengecek tagihan listriknya. 

Dan berikut adalah cara cek tagihan listrik lewat website yang dapat diakses :

- Kunjungi web cekbill.com

- Pilih navigasi cek tagihan listrik PLN pada bagian kiri lama

- Masukkan ID pelanggan PLN di kolom yang sudah disediakan

- Masukkan kode captcha untuk verifikasi selanjutnya

- Klik cek tagihan

- Muncul besaran tagihan listrik beserta status pembayarannya


6. Cara Cek Tagihan Listrik lewat email

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengetahui tagihan listrik bulanan adalah dengan berlangganan e-mail PLN. E-mail PLN berlangganan ini nantinya akan secara rutin mengirim tagihan listrikulanan berupa e-billing. 

E-billing inerisikan tagihan listrik yang mengharuskan pelanggan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Cara pendaftarannya bisa melalui email pln123@pln.co.id atau bisa juga menggunakan media sosial lainnya seperti twitter @pln_123 ataupun facebook PLN 123.

Dengan berbagai alternatif pilihan cara cek tagihan listrik di atas, kalian bisa memilih salah satunya atau bisa juga mencoba semuanya. Itu tergantung kebutuhan kalian.

Semoga artikel cara cek tagihan listrik bulanan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi pelanggan PLN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Terkini untuk Belanja di Indomaret Menggunakan ATM / Kartu Debit (Mandiri, BRI, BCA dan BNI) 2024

Belanja di Indomaret menggunakan uang non tunai atau kartu debit memang lebih efisian dan praktis. Selain itu penggunaan transaksi non tunai  di outlet-outlet Indomaret seperti ini juga semakin banyak dilakukan. Dengan banyaknya transaksi kartu debit untuk belanja di Indomaret tersebut maka disini akan dibahas tentang bagaimana mekanisme atau cara pembelanjaan di Indomaret menggunakan Kartu Debit / Kartu ATM baik itu Kartu Debit Mandiri, BRI, BCA ataupun BNI. Disamping itu Indomaret juga bisa dijadikan alternatif untuk pembayaran online shop seperti, tokopedia, lazada, shopee dan lain-lain. Selain online shop Indomaret bisa dimanfaatkan untuk pembayaran e tiket baik itu dari traveloka, pegi-pegi, dan masih banyak lagi fungsinya. Selain membahas tentang bagaimana cara belanja di Indomaret menggunakan Kartu Debit, nantinya juga akan dibahas mengenai berapa minimal belanja atau transaksi di Indomaret menggunakan berbagai macam Kartu Debit. Belanja Menggunakan Kartu Debit di

Berikut Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret TERBARU 2024

Para pengguna game Mobile Legends kini semakin meningkat dan belum terlihat mengalami penurunan. Banyaknya pengguna tersebut ternyata diikuti dengan semakin besarnya permintaan untuk membeli Diamond Mobile Legends. Tidak sedikit pengguna yang hobi bermain game Mobile Legends menghabiskan banyak dana untuk membeli voucher Google Play atau top up menggunakan pulsa. Setidaknya ada banyak cara untuk bisa melakukan top up Diamond ML , salah satunya adalah melalui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Daftar Harga Diamond ML di Indomaret Daftar setiap Diamond ML sangat beragam mulai dari yang termurah sebesar Rp 4.500,- sampai dengan yang termahal berkisar Rp 1.000.000,-. Bagi yang sedang mencari informasi tentang daftar harga Diamond ML terbaru yang ada, maka simak ulasannya di artikel ini. Daftar Harga Diamond ML (Mobile Legends) di Indomaret Terbaru 2024 Untuk bisa melakukan pengisian Diamond ML cara yang bisa digunakan adalah dengan top up Diamond di Indomaret terdekat. Pada saat m

Cara Transfer Pulsa dari Malaysia ke Indonesia dengan MUDAH

Transaksi untuk transfer pulsa dari Malaysia ke Indonesia tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan  mudah. Untuk provider atau layanan telekomunikasi yang digunakan bisa memanfaatkan operator seluler yang ada disana seperti maxis ataupun DiGi . Salah satu perusahaan telekomunikasi atau provider yang ada di Malaysia adalah Maxis atau Hotlink. Perusahaan Maxis atau Hotlink ini merupakan operator seluler terbesar di Malaysia. Jadi dengan menngunakan operator tersebut maka proses transfer pulsa dari Malaysia ke Indonesia menjadi semakin mudah dan cepat. Cara Transfer Pulsa dari Malaysia ke Indonesia Menggunakan Provider Maxis atau Hotlink Proses transfer pulsa dari Malaysia menggunakan provider Maxis ke operator seluler yang ada di Indonesia bisa dilakukan dengan mengikuti cara berikut ini. 1. Ketik atau Call *100# Lakukan panggilan dengan tujuan *100# 2. Pilih Menu no 4 (empat) Nantinya akan muncul beberapa menu dan untuk bisa melakukan transfer pulsa pilih menu